Artikel ini diilhami dari
obrolanku dengan seorang teman lewat sms. Dimulai dengan sindiranku kepada dia
sebagai orang jawa yang tinggal di jawa, tapi gak bisa make’ bahasa jawa.
Pernyataanku itu dibantah olehnya yang terus ngebenerinnya jadi orang yang
lahir dijawa yang terpaksa tinggal di jawa tapi belum bisa berbahasa jawa. Dia
juga ngebenerin kata “gak” jadi “belum”, karena dia berusaha buat bisa, biar di
ujian bahasa jawa dapet nilai bagus. Lalu timbullah suatu hubungan percakapan
yang ngelahirin artikel di bawah ini dengan sehat wal afiat. Oeekkk...
Sistem pendidikan di Indonesia
buat sebagian besar anak-anak didiknya yang penting dapet nilai bagus bukan
ilmu yang melimpah. Mereka bakalan usaha mati-matian buat dapet nilai bagus
daripada ilmunya. Sebenernya lebih baik usaha nyerap ilmu sebanyak-banyaknya
dari tuh orang yang kita panggil “GURU”. Tapi pendapatku itu ditentang oleh
temenku. kalau sekolah murni buat nuntut ilmu, orang bakalan tenang nilainya
jelek, dia bakalan belajar lagi. sementara yang gak belajar, apapun akan dia
lakukan buat dapet nilai bagus.
Tujuan bersekolah sekarang
kebanyakan Cuma pada pengen nyari ijazah, dapet gelar, terus gampang buat nyari
kerja. Tapi agak beda denganku yang bersekolah di SMK. Tujuanku sekolah jadi
gini, dapet pelajaran, bisa mraktekinnya, direkomendasiin ke perusahaan, dapet
deh tuh kerjaan.
Pendidikan di Indonesia tuh
udah salah kaprah, berbeda ama pendidikan di luar negeri yang praktek dan
teorinya seimbang. Pelajaran yang diberikan ke murid-murid di Indonesia juga
terlalu banyak, sehingga menguras tenaga serta pikiran bagi anak didiknya.
Mereka harus bisa nguasain 10 mata pelajaran bahkan mungkin lebih, kalau gak
nilai mereka bisa jatuh waktu pengambilan raport. Kemarahan ortu pun gk terhindar,
padahal ortu juga gak tahu penderitaan yang kita alami.
Kemampuan tiap orang tu
beda-beda, ada yang bidangnya ilmu murni, sosial-kebudayaan, kesehatan atau
bisa aja gak itu semua tapi dia nunjukkin skills-nya di bidang lain. Semua guru
mata pelajaran pengen anak didiknya dapet nilai bagus semua. Padahal buat
nguasain 10 mata pelajaran yang bahkan mungkin lebik itu menyengsarakan otak
kita. Tugas ama ulangan uda nunggu buat dikerjain, waktu kita abis buat
belajar, belajar dan belajar, dampaknya minim waktu yang kita gunakan buat
nge-refresh otak kita. Ibarat kompi, otak kita tuh CPU yang lagi digunain buat
ngebuka macem-macem aplikasi dalam waktu lama tanpa kita pergi ke desktop, klik
kanan refresh, lalu pencet F5 yang otomatis nge-refresh. Beruntung banget
bagiku yang sekolah di SMK yang gak terlalu bergantung banget pada banyak mata
pelajaran, yang penting prakteknya good. Eh salah. maksudnya EXCELENT.
Meski gitu, ada kesamaan bagi
murid SMA dan SMK. Pertama sewaktu tes semesteran kertasnya kertas burem,
gambarnya item putih, copy-annya gak perfect, ada yg gak kliatan, ada yang
ilang hurufnya, kebolak balik juga. Efeknya juga lari ke nilai. Aku pernah
berimajinasi, betapa indahnya tes kalau lembar soalnya kertas hvs ukuran kuarto
yang diprint satu-satu. Mungkin gak akan ada protes dariku yang semesteran
kemarin (21-11-2012) yang matematika dapet nilai 78, temenku yang lebih rajin
daripada aku malah 75. Parah banget, sumpah.
Yang kedua, dampak dari salah
kaprahnya pendidikan di Indonesia yaitu ekonomi murid itu sendiri.. bagi
murid-murid yang rata-rata uang sakunya Rp5rb – Rp 10rb yang menghabiskan
seluruh waktunya buat sekolah sangat mengenaskan sekali. Dengan uang saku
segitu mereka dituntut buat beli buku yang bejibun banyaknya, belum lagi kalau
pulang sore. Mungkin ada yang bawa bekal, tapi bawa bekal juga masih kurang,
karena dalam kenyataannya mereka harus menerima banyak materi pelajarab. Mereka
harus bisa mikir karena gurunya pelit nilai, galak, gak bisa kompromi, kalu
ditanya jawabnya sengak. Nusuk hati banget. Kita dituntut buat bisa, tapi
gurunya kalau ditanya sengak. Ancurr banget.
Selama si sekolah selain dari
bekal kita juga kita juga butuh makanan lain buat suplai cadangan tenaga otak kita.
Maka pengeluaran pun bertambah. Makan, buku, bensin, biaya tugas, biaya ngenet
juga. Kapan nabungnya coba? Hal-hal lain yang kita pengenin juga harus nunggu
waktunya buat kita milikin. Minta orang tua? Sungkan, kita uda gede men.
Sistem pendidikan kini
patutnya harus dibenerin biar anak-anak bangsanya bisa terfokus dalam
masing-masing bidangnya. Mereka pun bisa kerja sama buat menghasilkan suatu
mahakarya dari kejeniusan mereka. Dengan gitu, bangsa yang terus berkembang ini
menjadi bangsa yang terus maju.
Yah itulah sekelumit kisah
yang diilhami dari obrolan 2 orang pelajar yang selalu dan selalu mengkritik
sistem pendidikan yang ada saat ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar